get app
inews
Aa Read Next : Brigjen Pol Bahagia Dachi dilantik Menjadi Wakapolda Sulawesi Utara

Wakapolda Sulut Buka Pelatihan dan Kajian HAM Bagi Satker Jajaran Polda Sulut

Rabu, 27 Maret 2024 | 03:45 WIB
header img
Pelatihan Hak Asasi Manusia yang diselenggarakan Komnas HAM dan Kajian HAM oleh Divkum Polri di aula Tribrata Polda Sulut (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Wakapolda Sulawesi Utara (Sulut) Brigjen Pol Bahagia Dachi membuka pelatihan Hak Asasi Manusia (HAM) yang diikuti oleh para peserta dari perwakilan personel Satker jajaran Polda Sulut, di aula Tribrata Polda Sulut, Selasa (26/3/2024).

Pelatihan dengan tema "Penerapan Hak Asasi Manusia dalam tugas dan fungsi kepolisian di Kepolisian Daerah Sulawesi Utara." tersebut diselenggarakan oleh Komnas HAM dan Kajian HAM oleh Divkum Polri. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Ketua Komnas HAM Bidang Eksternal Abdul Haris Semendawai, Karo Bankum Divkum Polri Brigjen Pol Veris Septiansyah bersama Tim, dan para PJU Polda.

Dalam sambutannya, Wakapolda mengatakan, Hak Asasi Manusia (HAM) adalah prinsip yang mendasari eksistensi personel sebagai anggota kepolisian.

"Ini adalah prinsip yang harus dipegang teguh, baik dalam keadaan normal maupun dalam situasi yang penuh tekanan. Sebagai penegak hukum, kita memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga dan melindungi HAM. untuk itu, kita perlu memahami secara mendalam undang-undang yang mengatur HAM di Indonesia," tutur Wakapolda.

Salah satu dasar hukum yang menjadi landasan penting adalah Undang-Undang nomor 39 tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Undang-undang ini tidak hanya mengakui Hak Asasi Manusia sebagai hak yang melekat pada setiap individu, tetapi juga membentuk Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) yang memiliki peran penting dalam memastikan perlindungan dan penegakan HAM di Indonesia.

"Selain itu, Undang-Undang nomor 26 tahun 2000 tentang Pengadilan HAM juga katanya merupakan instrumen hukum yang vital dalam menegakkan keadilan terhadap pelanggaran HAM," lanjut Brigjen Pol Bahagia Dachi. 

Editor : Subhan Sabu

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut