get app
inews
Aa Read Next : Penyakit Kritis Semakin Meningkat, Masihkah Proteksi Penyakit Kritis yang Ada Saat ini Relevan?

Kacamata Hitam Bisa Cegah Kanker, Ini Penjelasannya

Sabtu, 12 Februari 2022 | 19:14 WIB
header img
Kacamata hitam bisa cegah Kanker. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Kacamata hitam bisa cegah kanker!

Selama ini penggunaan kacamata hitam sebatas diketahui untuk menangkal cahaya matahari yang masuk ke mata.

Padahal, ada fungsi lain dalam menggunakan kacamata hitam. Apakah itu?

Menggunakan kacamata hitam atau sunglasses sebenarnya bukan hanya untuk tampil stylish atau bergaya. 

Lebih dari itu, kacamata hitam berperan penting dalam menjaga kesehatan mata.

Apalagi saat sinar matahari begitu terik, ini bisa saja merusak kelopak hingga bagian retina mata Anda.

Dijelaskan Dokter Spesialis Mata di Mandaya Hospital Karawang dan RSU Hermina Karawang, dr. Andreas Surya Anugrah, SpM bahwa sinar ultraviolet bersifat karsinogenik, yakni zat atau senyawa dapat menyebabkan kanker.

Setidaknya ada empat penyakit mata akibat sinar matahari ini, antara lain pterygium, katarak, degenerasi makula, hingga kanker mata. 

Oleh karena itu, kacamata hitam sangat penting untuk digunakan, terutama bagi para pekerja lapangan dan para lansia ketika di luar rumah. Mereka sangat rentan mengalami penyakit mata yang berisiko kebutaan. Apalagi saat matahari sedang berada tepat di atas kepala, sekira pukul 12.00 WIB.

"Ada kanker yang bisa dipicu oleh sinar ultraviolet matahari. Jadi kesimpulannya, kacamata untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet itu penting. Apalagi kalau usianya sudah dewasa, pertengahan atau lansia, itu sangat rentan sekali risikonya besar," tutur dr. Andreas Surya Anugrah, SpM, Sabtu (12/2/2022).

Melansir situs Verywell Health, kerusakan mata akibat paparan sinar matahari secara langsung ini dikenal dengan fotokeratitis. 

Gejala biasanya muncul beberapa jam setelah paparan pertama dan diawali dengan produksi air mata berlebihan, mata merah dan meradang, kemudian timbul sensasi kesat berpasir seperti sedang menggosokkan mata dengan kertas amplas.

Studi ilmiah dan penelitian dari program luar angkasa AS telah menunjukkan bahwa paparan radiasi UV dalam jumlah kecil selama bertahun-tahun dapat meningkatkan risiko terkena katarak, kanker kulit di sekitar kelopak mata, dan pinguecula.

Belum diketahui berapa banyak jumlah paparan radiasi UV yang benar-benar menyebabkan kerusakan pada mata dan penglihatan, tetapi dokter mata merekomendasikan untuk memakai kacamata hitam atau kacamata antiradiasi ultraviolet serta perlindungan lainnya seperti topi ketika beraktivitas di luar rumah.

"Kacamata hitam itu saya pertegas kacamata artinya kacamata yang memfilter ultraviolet matahari ya. Ini memang diperlukan bukan sekadar gaya-gayaan, terutama untuk mereka yang kerja di outdoor," kata dr. Andreas.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut