get app
inews
Aa Read Next : Kaesang Pangarep Juara 4 Pakai Kostum Kabasaran Minahasa di HUT ke 78 RI

Mikha Langi Juara 1 Kategori Anak Pada Karnaval Figura Kuncikan Festival 2024

Kamis, 08 Februari 2024 | 22:04 WIB
header img
Mikha Langi, juara 1 dalam karnaval Figura kategori anak usia TK hingga SD kelas 3 pada Carnaval Figura Mahakeret barat (Foto: Istimewa)

MANADO, iNewsManado.id - Mikha Langi, salah satu peserta yang berhasil mendapat juara 1 dalam karnaval Figura kategori anak usia TK hingga SD kelas 3 pada Carnaval Figura Mahakeret barat.

Mikha mengaku senang karena meraih juara 1 dimana dia memakai kostum tarian khas Minahasa Kabasaran yang sangat disukainya.

"Saya akan terus mengikuti event seperti ini dengan mengenakan pakaian adat daerah di Sulawesi Utara sebagai bukti melestarikan kebudayaan daerah," kata Mikha, Kamis (8/2/2024).

Karnaval figura sendiri merupakan tradisi unik di Kota Manado yang hampir punah. Tradisi kuncikan atau kunci tahun baru ini setiap tahun diselenggarakan di Kelurahan Mahakeret barat yang masih dipertahankan hingga kini. 

Kelurahan Mahakeret Barat merupakan salah satu kelurahan yang sampai saat ini masih terus melestarikan tradisi perpisahan tahun ini dengan menggelar karnaval figura yang sudah ada sejak 80 tahun lalu dan terus dilestarikan sebagai tradisi tahunan.

Setiap tahun karnaval Figura ini mendapat antusias warga dari berbagai usia mulai dari anak anak hingga lanjut usia.

Karnaval figura sendiri menampilkan keunikan dimana peserta laki-laki mengenakan pakain wanita lengkap dengan aksesorisnya dan peserta wanita mengenakan pakaian laki-laki. Ada juga yang memakai kostum unik dan pakaian adat dengan peserta dari anak-anak hingga orang dewasa.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut