get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Tak Terduga! Ini Manfaat Mengunyah Permen Karet untuk Kesehatan

Minggu, 06 Februari 2022 | 10:35 WIB
header img
Manfaat mengunyah permen karet untuk kesehatan. (Foto ilustrasi: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Siapa sangka ternyata permen karet bisa memberi dampak yang baik bagi tubuh kita. Mengunyah permen karet ternyata bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Seperti diungkapkan dalam sebuah penelitian, mengunyah permen karet memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan mulut, termasuk menghilangkan sisa makanan, menetralkan asam plak, membantu remineralisasi enamel gigi, bahkan membantu mengurangi kerusakan gigi.

Sebagaimana dilansir laman Ift.org, beberapa uji klinis menunjukkan manfaat mengunyah permen karet bebas gula bisa mencegah gigi berlubang.

Lalu apa lagi manfaat tidak terduga dari mengunyah permen karet? Berikut penjelasannya, seperti dijelaskan laman The Healthy

1. Meredakan sakit telinga

Saat terbang di pesawat, kuping sering sakit akibat adanya tekanan udara, namun ini bisa mengatasi ini dengan menguyah permen karet. Gerakan rahang dan produksi air liur yang dihasilkan dari mengunyah permen karet dapat menyamankan tekanan di telinga.

2. Mengurangi stres dan kecemasan

Daripada menggigit kuku dan menggoyangkan kaki saat gugup, lebih baik mengunyah permen karet. Dalam sebuah studi pada 2011, orang yang menguyah permen karet dua kali sehari selama 14 hari menilai kecemasannya berkurang karena suasana hati meningkat dan kelelahan berkurang.

Secara ilmiah, mengunyah permen karet secara signifikan dapat mengurangi hormon stres kortisol karena menguyah dapat menenangkan.

3. Membantu buang air besar

Saat sembelit cobalah menguyah permen karet. Mengunyah permen karet terbukti dapat merangsang buang air besar dengan cara meningkatkan produksi cairan lambung tanpa harus mencerna makanan apa pun.

Menurut studi PubMed, mengunyah permen karet juga dapat mencegah masalah yang dialami banyak orang ketika mereka mulai makan atau minum setelah operasi.

4. Menurunkan berat badan

Permen karet bisa membantu menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, permen karet juga mengurangi jumlah kalori. Permen karet membut sinyal pada tubuh untuk tidak makan berlebih. Lalu secara efektif membuat Anda makan lebih sedikit.

Studi medis menunjukkan mengunyah permen karet lebih baik daripada camilan di antara waktu makan. Penelitian dari University of Rhode Island menyatakan orang yang mengunyah permen karet akan mengurangi kalori saat makan siang sebanyak 67 persen.

5. Meningkatkan ingatan

Berdasarkan penelitian dari tim psikolog di Universitas St Lawrence, Amerika Serikat, fungsi kognitif seseorang akan meningkat saat mengunyah permen karet. Hal ini terjadi karena meningkatnya detak jatung dan aliran darah.

Selain itu, aktivitas otak di hipokampus atau area penting untuk konsentrasi dan waktu reaksi akan secara signifikan menerima peningkatan oksigen ke otak sebanyak 25 sampai 40 persen.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut