get app
inews
Aa Read Next : Tips Menghemat Pengeluaran Saat Momen Imlek Tiba

Tahukah Anda Apa itu Imlek? Berikut Ulasannya

Senin, 31 Januari 2022 | 10:30 WIB
header img
Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat di Asia Timur. (Foto: Kevin Frayer/Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Tinggal beberapa jam lagi etnis Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan tahun baru Imlek 2022. Perayaan tahunan ini merupakan salah satu perayaan yang selalu ditunggu-tunggu oleh orang Tionghoa. 

Namun, tahukah Anda apa itu Imlek? Imlek merupakan perayaan penting bagi masyarakat di Asia Timur. Hari besar ini biasa disebut Tahun Baru Imlek. Tahun ini, Tahun Baru Imlek jatuh pada 1 Februari 2022. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Imlek merupakan penanggalan China berdasarkan peredaran bulan. Tahun baru Imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama saat pergantian tahun.

Di Indonesia, kelompok mayoritas Tionghoa merupakan Hokkien. Maka perayaan dari kelompok inilah yang paling memiliki ciri khas dan bisa kita jumpai di hampir penjuru negeri.

Salah satu tradisi yang melekat pada perayaan Imlek di Indonesia adalah tempat perayaannya. Mereka memiliki budaya Tionghoa di mana yang lebih muda mendatangi orang lebih tua. Perayaan akan dilaksanakan di rumah anggota keluarga paling atau lebih tua.

Perayaan hari besar Tionghoa ini biasanya berlangsung sampai 15 hari dengan 1 hari sebelum atau pada saat Imlek diisi dengan pemujaan kepada leluhur. Setelah itu mereka akan merayakan Imlek dengan kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga besar atau melaksanakan jamuan makan.

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut