get app
inews
Aa Read Next : Lengkapi Kebutuhan Air Minum Keluarga, 2 Produk Berkualitas Modena Kini Hadir di Manado

Kisah Pulau Pondang di Bolsel, Tempat Pembantaian Masa Penjajahan Miliki Batu Akik dan Harta Karun

Sabtu, 29 Januari 2022 | 14:58 WIB
header img
Pulau Pondang ternyata menyimpan batu akik hingga harta karun. (Foto: Facebook/Istimewa)

KEBERADAAN Pulau Pondang di Desa Motandoi Selatan, Kecamatan Pinolosian Timur, Bolsel, jadi destinasi wisata saat ini. Keindahan pantai berpasir putih jadi daya tarik. Jarak tempuh dari Kota Kotamobagu memakan waktu hampir 2 jam. Warga berbondong-bondong ke tempat ini jika masuk liburan.


Pulau Pondang. (Foto: facebook/istimewa)

Namun, di balik keindahan Pulau Pondang, ternyata ada kisah menarik dimasa lalu terkait keberadaan Pulau Pondang.

Papa Adit, warga Motandoi Selatan dihubungi iNewsManado mengungkapkan, Pulau Pondang awalnya disebut Pulau Lampu.

Penamaan itu diberikan dimasa penjajahan Belanda. Sekarang juga ada destinasi wisata Pulau Lampu di Desa Perjuangan, Pinolosian Timur. Menurut Papa Adit, Pulau Lampu di Desa Perjuangan dahulunya disebut Pulau Pondang.

Dari historis keberadaan Pulau Pondang, dimasa lalu dijadikan tempat pembantaian manusia oleh Tentara Belanda. Tak heran, warga di Motandoi Selatan sempat menemukan tengkorak kepala manusia di situ. Namun, karena sejarahnya sudah diketahui, warga hanya menjadikan penemuan tengkorak kepala manusia hal yang biasa.

Di Pulau Pondang juga, perlu diketahui, banyak warga yang menemukan sejumlah jenis batu-batuan langka, contoh Batu Akik. Keberadaan Batu Akik bahkan bisa ditemukan secara gampang karena hanya mencari bebatuan besar dan dihancurkan.

Yang paling menarik di Pulau Pondang adalah keberadaan harta karunnya. Mungkin sebagian orang sukar memercayai hal ini. Namun, menurut Papa Adit, pada Tahun 1990 di Pulau Pondang, sebuah kapal berasal dari Jawa berkunjung di pulau itu. Sejumlah orang yang berada di kapal mengajak masyarakat sekitar untuk membersihkan Pulau Pondang.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut