get app
inews
Aa Read Next : Pencarian KM LCT Bora V Dihentikan, 6 Orang Korban Masih Belum Ditemukan

Patah Kemudi, 15 Awak Kapal KM Nafila Selamat Setelah Operasi SAR di Perairan Sitaro

Senin, 02 Oktober 2023 | 06:16 WIB
header img
15 orang awak kapal KM Nafila berhasil diselamatkan setelah kapal mereka, KM Nafila mengalami kerusakan patah kemudi (Foto : Istimewa)

SITARO, iNewsManado.com - Sebanyak 15 orang awak kapal KM Nafila berhasil diselamatkan setelah mengalami keadaan terombang-ambing di perairan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Siau). Insiden ini terjadi karena kapal mereka, KM Nafila, mengalami kerusakan patah kemudi pada Sabtu, (30/9/2023) sekitar pukul 19.00 WITA.

Kepala Kantor SAR Manado, Monce Brury, menjelaskan bahwa kapal tersebut mengalami kerusakan pada sistem hidrolik kemudi di daerah kolam Bandar Pelabuhan Tagulandang. Meskipun telah mencoba melakukan perbaikan, kerusakan tersebut belum teratasi, dan kapal dikhawatirkan akan menjauhi daerah Pulau Tagulandang.

"Dengan pertimbangan cuaca dan situasi yang sulit, Basarnas Manado segera mengerahkan Kapal Negara (KN) SAR Bima Sena bersama personil dari Pangkalan Bakamla Minahasa untuk melakukan pencarian terhadap 15 orang awak kapal yang berada di kapal tersebut," ujar Monce Brury pada Senin (2/10/2023).

Tim SAR gabungan yang dipimpin oleh Basarna Manado bergerak menuju lokasi kejadian dengan cepat. Kapal KM Nafila berhasil ditemukan, dan KN SAR BIMA SENA melakukan penarikan kapal menuju Pelabuhan Tagulandang. Akhirnya, pada pukul 06.30 WITA, seluruh awak kapal dinyatakan selamat.

"Dengan ditemukannya seluruh korban KM Nafila, operasi SAR Kecelakaan Kapal dihentikan, dan semua pihak yang terlibat dikembalikan ke unit-unit mereka masing-masing dengan ucapan terima kasih," tambah Monce Brury.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut