get app
inews
Aa Read Next : Pegadaian Peduli Kirim Bantuan Senilai Rp 25 Juta untuk Korban Erupsi Gunung Ruang

BUMN Environment Movement, Pegadaian Bersama Warga Bersihkan Pantai LOS Malalayang Manado

Selasa, 29 Agustus 2023 | 07:07 WIB
header img
Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil V Manado, Erwin Inkiriwang saat kegiatan bersih-bersih pantai dan sungai yang diikuti oleh milenial BUMN, komunitas sosial, dan masyarakat setempat (Foto : Istimewa)

MANADO, iNewsManado.com - PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) V Manado, melakukan kegiatan bakti sosial bersih-bersih kawasan Pantai LOS (Lorong Orang Sanger) Malalayang Satu Timur (Malsatim).

Sejak pagi, puluhan karyawan Pegadaian bersama warga Kelurahan Malalayang Satu Timur (Malsatim), bahu membahu membersihkan area sungai dan pantai dari tumpukan sampah, menggunakan peralatan yang disiapkan PT Pegadaian.

Pemimpin Wilayah Pegadaian Kanwil V Manado, Erwin Inkiriwang menjelaskan, kegiatan bersih-bersih pantai dan sungai ini diikuti oleh milenial BUMN, komunitas sosial, dan masyarakat setempat.

“Ini merupakan gerakan kepedulian lingkungan yang dilakukan oleh BUMN untuk bumi yang lebih baik dengan melakukan pembersihan sampah,” ujarnya, Selasa (29/8/20203).

Selain Pegadaian, menurut Erwin aksi sosial ini melibatkan kaum milenial BUMN diantaranya dari PNM, AirNav, Bank Mandiri, dan PLN. “Seluruh perusahaan BUMN di Manado ikut ambil bagian. Jadi membersihkan lingkungan terutama dari sampah plastik, ” ungkap Erwin.

Ia menjelaskan, Pegadaian menggandeng Plustik, sebuah perusahaan pengolahan sampah bernilai rendah, untuk dijadikan barang baru yang sustainable. “Aksi bersih-bersih pantai ini berhasil mengumpulkan 30 an kantong sampah, yang akan diangkut ke bank sampah,” katanya.

Erwin berharap, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif ke lingkungan dan masyarakat sekitar pesisir Pantai Los. “Tujuannya selain untuk membersihkan lingkungan juga diharapkan memberikan manfaat terutama untuk kesehatan masyarakat,” tambahnya.

Erwin menilai, sampah di pesisir Pantai Los bukan sepenuhnya dari warga Los, tapi kebanyakan merupakan sampah kiriman dari laut. “Kami menghimbau kepada warga Manado khususnya di daerah aliran Sungai Sario, jangan membuang sampah ke sungai,” ucapnya.

Lurah Malsatim, Meilina Mamitoho, mengungkapkan, penanganan sampah di Pantai Los, dilakukan dengan memasang kubus terapung. “Jadi tiap hari pihak DLH mengangkut sampah yang tersangkut di kubus,” katanya.

Editor : Subhan Sabu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut