get app
inews
Aa Read Next : Rayakan Anniversary yang ke-6, DAW bersama IMHG Gelar Bikers Camp

Gempa Jayapura Tewaskan 4 Orang, 700 Jiwa Mengungsi

Jum'at, 10 Februari 2023 | 02:57 WIB
header img
Petugas penyelamat sedang mengevakuasi para korban yang tertimpa bangunan Kafe pinggir laut yang rubuh akibat gempa M5,4. (FOTO: ISTIMEWA)

JAKARTA, iNews.id - Gempa bumi di Kota Jayapura, Papua tak hanya menimbulkan kerusakan, namun juga menelan korban jiwa. Tercatat empat orang tewas dan lebih dari 700 jiwa mengungsi akibat akibat gempa bumi Magnitudo 5,4 yang terjadi Kamis (9/2/2023) siang.

Bahkan guncangan gempa masih dirasakan warga Jayapura hingga Jumat (10/2/2023) dini hari. Masyarakat dilanda rasa cemas dan khawatir akan dampak gempa yang terjadi sewaktu-waktu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid mengatakan, para korban meninggal ditemukan dari puing bangunan restoran yang ambruk ke laut akibat guncangan gempa. Lokasi restoran ini berada di atas perairan di kawasan Kota Jayapura sehingga proses evakuasi dilakukan tim ahli dengan menyelam.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal. Para korban ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu korban tertindih, langsung jatuh ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir talud," ujar Asep, Kamis (9/2/2023).

Selain itu, beberapa bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan kesehatan juga rusak akibat gempa. Bahkan para pasien RSUD Kota Jayapura harus dibawa ke luar halaman gedung untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor : Donald

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut