get app
inews
Aa Read Next : Awas! Ini 5 Kue Berbahaya bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Hati-hati! Obat dan Suplemen bisa Sebabkan Kolesterol Tinggi, Berikut Ini Daftarnya

Jum'at, 17 Desember 2021 | 09:16 WIB
header img
Ilustrasi. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Kolesterol tinggi bukan hanya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, ada juga obat dan suplemen umum yang dapat menyebabkan kadar kolesterol naik. Walupun ada beberapa yang hanya meningkatkan kolesterol dengan sedikit, tetapi ada juga yang menyebabkan kadar kolesterol menjadi tinggi.  

Obat dan suplemen ini memiliki jenis reaksi yang sangat beragam. Namun, untuk menyebabkan kolesterol tinggi dibutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Konsultasikan dengan dokter jika Anda memiliki obat atau pun suplemen yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. 

Pastikan segera menghentikan konsumsi obat tersebut atau beralih ke obat yang tidak meningkatkan kadar kolesterol. Konsultasikan dengan dokter sebelum melakukan perubahan apa pun. Dilansir dari Everyday Health, berikut obat dan suplemen yang menyebabkan kolesterol tinggi seperti. 

1. Rosiglitazone (Avandia

Obat ini dapat meningkatkan kolesterol dan bahkan memiliki reaksi yang mengancam jiwa, yang telah menyebabkan Inggris dan Afrika Selatan menarik obat ini dari negara mereka. Di AS, obat tersebut masih disetujui oleh Food and Drug Administration. 

2. Vitamin D

Terlalu banyak mengonsumsi vitamin D dapat menyebabkan kelebihan kalsium dalam darah, dan ini dapat menyebabkan hiperkolesterolemia. 

3. Diuretik 

Obat ini membantu menurunkan tekanan darah. Diuretik thiazide dan loop diketahui meningkatkan kolesterol total, kolesterol jahat LDL dan gula darah.

Hydrochlorothiazide (HCTZ) dijual sebagai obat itu sendiri, dan juga ditemukan dalam lusinan obat kombo yang dijual dengan berbagai nama merek, biasanya diakhiri dengan HCT. Obat apa pun yang mengandung HCTZ atau furosemid dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

4. Escitalopram (Lexapro)

Ini merupakan antidepresan populer yang terkait dengan Celexa dan digunakan untuk mengobati depresi. Sedikit peningkatan ditunjukkan dalam studi pasca-pemasaran.

5. Fluoksetin (Prozac)

Antidepresan populer lainnya yang dapat meningkatkan kolesterol, menyebabkan hipoglikemia dan memicu episode asam urat adalah Fluoksetin. Ini dapat mengurangi zat besi dan kalium (memicu aritmia jantung).

6. Creatine 

Creatine merupakan suplemen makanan yang digunakan terutama oleh penggemar olahraga, binaragawan dan orang-orang dengan gangguan otot dan penyakit Lou Gehrig. Ini dapat menyebabkan sedikit peningkatan kolesterol jika Anda menggunakannya dalam dosis tinggi. 

7. Prednison 

Obat anti-inflamasi ini dapat menyebabkan kolesterol tinggi dengan penggunaan kronis. Tidak masalah jika Anda menggunakan steroid secara oral, baik menyuntikkannya atau menghirupnya.

8. Olanzapine (Zyprexa

Digunakan untuk mengobati skizofrenia, obat ini telah menyebabkan peningkatan trigliserida yang parah yakni lebih dari 500 mg/dL pada beberapa orang.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut