get app
inews
Aa Read Next : 67 Desa di Boltim Siap Menggelar Pemilihan Sangadi

Mengenal Cakalang Fufu, Makanan Khas Sulawesi Utara yang Mendunia

Jum'at, 06 Januari 2023 | 10:36 WIB
header img
Mengenal Cakalang Fufu, Makanan Khas Sulawesi Utara. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com – Mengenal cakalang fufu makanan khas Sulawesi Utara yang mendunia akan dibahas dalam artikel kali ini. Cakalang Fufu sudah cukup dikenal di Indonesia.

Kenikmatan jenis makanan yang satu ini tentu sudah tidak perlu diragukan lagi karena sejumlah pejabat maupun artis menjadikan makanan ini salah satu makanan favorit ketika ke Manado.

Cakalang fufu bahan bakunya dari ikan cakalang (Ikan Tongkol). Sedangkan kata fufu adalah bahasa Manado yang artinya diasapi/asap.

Tampilan cakalang fufu ketika dijual ada dua macam. Ada yang masih utuh yang diasapi/fufu, ada juga yang menggunakan kayu atau bambu dan tertancap badan ikan yang telah dibersihkan dan dibelah dua.


Cakalang Fufu tanpa menggunakan penjepit kayu atau bambu. Foto/Istimewa

 

Di Sulawesi Utara, Cakalang Fufu diproduksi di Kota Bitung. Meski demikian, sejumlah daerah juga telah memroduksi sendiri cakalang fufu dengan cara tradisional untuk dijual.

Proses pengolahannya pun terdapat dua cara.

Untuk cakalang fufu yang utuh, pengolahannya sangat sederhana karena ikan cakalang dicuci dan dibersihkan. Isi perut ikan cakalang dibiarkan di dalam tanpa diangkat. Ikan cakalang pun diasapi dengan membutuhkan waktu 2-4 jam. Setelahnya, ikan cakalang diangkat dan siap dipasarkan.

Sementara cara yang kedua, ikan cakalang dibersihkan termasuk Isi perut dan lain sebagainya yang berada di dalam tubuh ikan.

Daging ikan dibelah dua dan dijepit oleh kerangka penjepit bambu atau kayu. Daging ikan ini diolah dengan dibaluri garam dan bubuk soda. Proses ini menghabiskan waktu empat jam untuk pengasapan dan dua jam untuk pendinginan. Proses ini berlangsung hingga daging ikan cakalang berubah warna menjadi kemerahan dengan tekstur sedikit empuk, kering dan tidak berair. Jenis kedua ini yang paling banyak diburu karena kenikmatan ikan yang tiada duanya.

Untuk menikmatinya, anda bisa melakukan sejumlah metode pengolahan. Cakalang fufu bisa digoreng menggunakan minyak panas dan dimakan menggunakan dabu-dabu, ada juga menu lain seperti Cakalang fufu digoreng kemudian dicampur cabai serta bumbu lain yang telah dihaluskan.  Selain itu, cakalang fufu juga bisa disuwir dan ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang dan mi cakalang.

Penjualan cakalang fufu pun telah merambah sejumlah provinsi di Indonesia. Pemesanan bisa dilakukan pada tempat penjualan resmi. Cakalang fufu biasanya diburu wisatawan lokal dan mancanegara ketika datang di Sulawesi Utara.

Bahkan sebagian wisatawan menjadikan cakalang fufu salah satu buah tangan yang dibawa pulang.

Cakalang fufu biasanya awet hingga 1-2 minggu bahkan 1 bulan. Jika belum akan diolah, cakalang fufu bisa dimasukkan ke  dalam kulkas atau sering diasapi.

Itulah artikel mengenal cakalang fufu makanan khas Sulawesi Utara yang mendunia. Jika berkunjung ke Manado, tidak salah untuk mencicipi jenis makanan ini.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut