get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Ini 9 Bahaya Kunyit yang Wajib Diketahui

Senin, 06 Desember 2021 | 19:19 WIB
header img
Kunyit juga bisa membahayakan bagi kesehatan. (Foto: Istimewa)

KUNYIT Merupakan salah satu bahan utama di dapur. Dia jadi bahan dapur yang memberi rasa lezat pada makanan.

Namun, di balik manfaat tersebut, kunyit dapat memberikan efek samping yang merugikan kesehatan jika Anda mengonsumsinya secara berlebih.

Perlu Anda ketahui, kunyit memiliki senyawa curcumin. Senyawa ini sebenarnya tidak memberikan efek samping bila dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Efek samping baru akan terasa bila dikonsumsi berlebihan.

Bagi orang dengan diabetesanemia, atau gangguan pencernaan, Anda tidak dianjurkan untuk konsumsi rempah yang satu ini, sekalipun dalam jumlah yang sedikit.

Secara spesifik, berikut adalah beberapa efek samping kunyit yang mesti Anda waspadai dikutip klikdokter.

1. Sakit Kepala

Dalam dosis yang sesuai, curcumin pada kunyit disinyalir dapat membantu meredakan keluhan sakit kepala.

Akan tetapi, apabila dosis curcumin yang dikonsumsi kelewat batas alias terlalu banyak, Anda malah bisa mengalami sakit kepala.

Meski terkesan sepele, sakit kepala nyatanya juga bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Bahkan, sakit kepala yang terjadi berkelanjutan dapat menurunkan kualitas hidup Anda secara keseluruhan.

2. Mual dan Muntah

Tak jauh berbeda dengan poin sebelumnya, curcumin dalam kunyit yang dikonsumsi pada dosis yang tepat dapat membantu mengurangi keluhan mual dan muntah.

Sebaliknya, jika senyawa tersebut masuk ke dalam tubuh dalam jumlah terlalu banyak, Anda malah akan mengalami keluhan tersebut.

Jangan anggap sepele efek samping kunyit ini. Pasalnya, bila terjadi secara berkelanjutan, mual dan muntah dapat menyebabkan dehidrasi.

Dalam kasus yang berat atau tidak teratasi dengan baik, dehidrasi dapat mengakibatkan penurunan kesadaran hingga kematian.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut