get app
inews
Aa Read Next : Sulawesi Utara Waspada! Berikut Ini Status Gunung Berapi di Indonesia

Daftar 10 Gunung Berapi di Dunia yang Paling Aktif, Nomor 2 Sulit Diucapkan

Senin, 06 Desember 2021 | 17:02 WIB
header img
Dengan daya rusak yang cukup besar, membuat status gunung berapi ini patut diwaspadai. (Foto ilustrasi: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Ada beberapa gunung berapi di Dunia yang paling aktif hingga saat ini. Dengan daya rusaknya yang cukup besar, membuat status gunung berapi ini patut diwaspadai. Para ilmuwan pun mendefinisikan bahwa gunung berapi aktif sebagai salah satu yang telah meletus dalam 10.000 tahun terakhir. 

Berdasarkan definisi tersebut, bumi memiliki sekitar 1.500 gunung berapi aktif yang tersebar di seluruh dunia. Sekitar 75 persen di antaranya terletak di sepanjang cincin api pasifik – sebuah wilayah yang membentang di batas daratan di lautan Pasifik. 

Dikutip dari situs Interesting Engineering, Minggu (5/12/2021), gunung berapi terbentuk lewat proses dasar magma yang naik melalui mantel dan kerak bumi. Saat magma menembus ke permukaan, magma akhirnya pecah dan mulai mengeras. Pengerasan magma secara berulang-ulang ini menyebabkan terbentuknya gunung api yang lebih tinggi atau lebih luas.

Magma bawah tanah ini dapat menerobos permukaan sehingga terjadi letusan. Beberapa letusan bersifat eksplosif sementara yang lain keluar perlahan. Ini karena tutupan terbentuk dari waktu ke waktu, di mana lava menutup tabung magma tertentu, hanya untuk tekanan yang meningkat dan akhirnya menyebabkan ledakan. 

Berikut daftar 10 Gunung berapi di Dunia yang paling aktif:

1. Gunung Mauna Loa di Hawaii

Mauna Loa adalah gunung berapi terbesar di Bumi, gelar yang dipegangnya untuk waktu yang lama, sempat hilang pada tahun 2013, tetapi sekarang telah kembali lagi.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut