get app
inews
Aa
Read Next : Tata Kota Buruk Penyebab Banjir dan Longsor di Brasil, 100 Orang Hilang

5 Ikan Air Tawar Terbesar di Dunia dari Sungai Amazon

Jum'at, 03 Desember 2021 | 07:30 WIB
header img
Ikan Arapaima merupakan salah satu ikan terbesar di sungai Amazon yang panjangnya bisa mencapai empat meter lebih. (Foto: Pinterest)

JAKARTA, iNews.id - Hutan Amazon yang berada di Amerika Latin sangat dikenal oleh masyarakat dengan hewan buasnya seperti ular anaconda atau buaya. Sebenarnya, ada beberapa jenis ikan yang dikenal sebagai ikan air tawar terbesar di dunia, dimana pertumbuhannya bisa mencapai empat meter lebih yang menghuni sungai Amazon. 

Ada juga beberapa ikan sungai Amazon ini yang sempat dibudidayakan dan jadi peliharaan masyarakat kendati dikenal sebagai ikan yang ganas. Namun karena mulai dilarang pemerintah setempat, ikan predator asli sungai Amazon lambat laun mulai ditinggalkan sebagai dipeliharaan. 

Berikut 5 ikan air tawar terbesar di Dunia dari sungai Amazon yang dikutip dari berbagai sumber: 

1. Arapaima Gigas

Ikan asli sungai Amazon ini bisa tumbuh hingga panjang 4,5 meter dan berat mencapai 200 kilogram. Kendati sebagai ikan predator dan berukuran besar, ikan Arapaima tidak berbahaya bagi manusia. 

Ikan terbesar di sungai Amazon ini memiliki karakter yang sangat kuat dan dapat bertahan di perairan buruk sekalipun. Bahkan, Arapaima gigas memiliki insang yang ketika tumbuh dewasa bisa beralih fungsi seperti paru-paru. 

2. Ikan Tambaqui

Ikan ini sekilas mirip dengann ikan bawal yang memang masih satu keluarga dengan ikan yang menjadi santapan favorit orang Indonesia itu. Namun, ikan Tambaqui bisa mencapai bobot 40 kg per ekor di habitat aslinya, sungai Amazon. 

Ikan ini biasa berburu plankton sebagai makanan utamanya. Paling luar biasa dari ikan ini adalah bisa bertahan hingga umur 25 tahun. 

3. Ikan Piraiba

Ikan yang masuk dalam spesies lele ini bisa mencapai panjang hingga 3 meter dengan bobot ukuran 150 kilogram. Kendati memiliki tubuh yang besar, ikan ini tidak berbahaya bagi manusia sehingga banyak pemancing yang berusaha menaklukan salah satu monster sungai Amazon ini. 

Editor : Norman Octavianus

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut