get app
inews
Aa Read Next : Kepulauan Indonesia Tergambar dalam Alquran, Ini Analisa Ilmuwan

NASA Peringatkan, Asteroid yang Lebih Besar dari Menara Eiffel Akan Masuk Orbit Bumi

Rabu, 01 Desember 2021 | 15:04 WIB
header img
Asteroid 4660 Nereus memiliki panjang lebih dari 330 meter dan akan berada dalam jarak 7,4 juta kilometer dari Bumi. (Foto ilustrasi: Istimewa)

CALIFORNIA, iNews.id - Asteroid raksasa yang lebih besar dari Menara Eiffel akan memasuki orbit bumi pada 11 Desember 2021. Peringatan ini dikeluarkan oleh NASA sekaligus memasukan asteroid tersebut dalam kategori berbahaya, karena dengan jaraknya yang hanya 7,4 juta kilometer dari bumi. 

Menurut NASA, Asteroid 4660 Nereus memiliki panjang lebih dari 330 meter dan akan berada dalam jarak 7,4 juta kilometer dari Bumi. "Itu menempatkannya dalam kategori berpotensi berbahaya," kata NASA, dikutip dari News Australia, Rabu (1/12/2021). 

Jika tidak melenceng dari jalurnya, Asteroid Nereus akan melintasi bumi dengan kecepatan 23.657 kilometer per jam. NASA memperkirakan batu ruang angkasa itu akan berada sejauh 3,9 juta kilometer dari bumi. 

"Itu sekitar 10 kali jarak antara Bumi dan Bulan. Memang asteroid itu tampak cukup jauh, tetapi sebenarnya dekat dengan Bumi," kata NASA. Karena NASA menganggap apa pun yang lewat dalam jarak 19,3 juta kilometer dari Bumi sebagai Objek yang Dekat dengan Bumi (NEO).

Ribuan NEO dilacak oleh para ilmuwan untuk memantau apakah mereka berada di jalur tabrakan dengan planet bumi. NASA memiliki seluruh tabel asteroid yang bisa mengancam bumi. 

Setiap objek luar angkasa yang bergerak cepat yang berada dalam jarak 7,5 juta kilometer dianggap "berpotensi berbahaya" oleh organisasi antariksa sehingga terus dipantau pergerakannya.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut