get app
inews
Aa Read Next : Infografis: TNI Angkatan Udara Kirim Pesawat Tempur ke Negeri Kanguru, Ini Spesifikasinya

Keren! Marka Jalan di Desa Ini Menyala dalam Keadaan Gelap

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 08:49 WIB
header img
Marka jalan menyala dalam keadaan gelap. Foto/Oddity Ventral

JAKARTA, iNewsManado.com - Marka jalan menyala di malam hari menggemparkan Australia. Sebuah perusahaan di sana membuat marka jalan menyala di malam hari untuk keamanan pengendara. 

Penampakan marka jalan menyala dalam keadaan gelap pun terlihat keren. Marka jalan menyala ini seperti penampakan dalam film fiksi TRON

Sejumlah orang pun penasaran dengan marka jalan yang bisa menyala dalam gelap itu. Marka jalan yang menyala mereka beri nama Photoluminescent. 

Garis jalan glow in the dark ini bisa menyala dibuat oleh perusahaan bernama Tarmac Linemarking. Hal itu menjadi berita utama di Australia. Garis tersebut terbentang di jalan sepanjang satu kilometer di pedesaan Australia.

Inovasi tersebut dibuat bersama dua perusahaan lain, yakni OmniGrip dan Vic Road. Produk canggih tersebut menggunakan ilmu alam photoluminescence untuk menyerap cahaya di siang hari, kemudian memancarkannya saat gelap sehingga membuat marka jalan terlihat jelas.

Pada malam hari, lapisan marka jalan yang dibuat Tarmac Linemarking, memancarkan cahaya indah. Uji coba marka jalan tesebut, dilakukan di Metong Road, Tenggar Victoria dan sukses besar.

Para pebisnis dan otoritas dari berbagai negara pun menghubungi perusahaan soal marka jalan yang menyala di malam hari.

Hal tersebut setelah foto-foto marka jalan Photoluminescent viral di media sosial. Saat gelap terlihat kemiripan desain futuristik pada film TRON. Bagi yang melintas jalan tersebut seperti berada di tempat futuristik.

"Inovasi ini akan memudahkan pengemudi melihat marka garis atau rambu dan memberikan definisi yang lebih kuat saat tiba di persimpangan dan tikungan, memberi pengemudi lebih banyak waktu untuk bereaksi dan mencegah mereka membelok tiba-tiba dari jalurnya," tulis pihak Tarmac Linemarking, dikutip dari laman Odditycentral. 

Lebih lanjut, Tarmac Linemarking menyebutkan ini akan sangat bermanfaat bagi orang-orang yang tidak terbiasa mengemudi di area tersebut.

Namun, terlepas dari solusi marka jalan baru itu, sejumlah orang di internet banyak yang bertanya apa bisa menyala terus. Kabarnya marka jalan hanya bisa bertahan menyala sekitar satu jam setelah matahari terbenam.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Canggih, Garis Jalan di Desa Ini Bisa Menyala pada Malam Hari seperti Film Fiksi

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut