get app
inews
Aa Read Next : Sah! Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Batasan Usia Capres Maksimal 70 Tahun

Astaga! DPR Diduga Langgar Aturan Copot Hakim Konstitusi Aswanto

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 23:11 WIB
header img
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie menyebut, pemberhentian Hakim Aswanto oleh DPR diduga tidak sesuai undang-undang. Foto/Istimewa

JAKARTA, iNewsManado.com - Pencopotan Hakim Konstitusi Aswanto dan diganti Guntur Hamzah pada Rapat Paripurna DPR Senin (29/9/2022) siang, diduga langgar aturan. Hakim Aswanto yang merupakan hakim mahkamah konstitusi harusnya diganti sesuai pengajuan Mahkamah Konstituai.

Hal itu disampaikan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Jimly Asshiddiqie. Dia menyebut, pemberhentian Hakim Aswanto oleh DPR diduga tidak sesuai undang-undang.

Jimly menyebut, penggantian hakim konstitusi tidak mesti dilakukan DPR. Karena penggantian hakim konstitusi harus ada surat dari MK. Dan menurutnya, mekanisme itu berlaku. 

"Jadi kalau tidak ada surat dari MK tidak bisa diberhentikan, dan memberhentikannya ada sebab-sebab yg sudah diatur oleh UU, diberhentikan meninggal mengundurkan diri atau selesai masa jabatan," ujarnya, Sabtu (1/10/2022).

Dia menambahkan, tiga lembaga yaitu eksekutif, legislatif, dan yudikatif hanya berwenang untuk mengadakan pemilihan bagi calon hakim konstitusi yang akan dipilih.

"Jadi MK menyurati kalau ada kekosongan hukum kepada tiga lembaga yang punya kewenangan masing-masing untuk mengadakan pemilihan. Tapi yang memberhentikan itu bukan tiga lembaga itu, langsung dari MK kepada presiden untuk menerbitkan Keppres. Lagi pula surat pemberitahuan dari MK ke lembaga DPR mengenai kekosongan jabatan belum ada," ujarnya.

Jimly juga menjelaskan, tiga lembaga terkait ini juga harus memenuhi syarat dalam menentukan pilihannya sebagai hakim konstitusi.

"Pemilihannya pun menurut UU ada empat syaratnya harus partisipatif, akuntabel, transparan, dan harus objektif," tuturnya.

Sebelumnya, DPR tiba-tiba mengganti Hakim Mahkamah Konstitusi Aswanto. 

Hal ini diputuskan berdasarkan hasil rapat Komisi III DPR yang dilakukan pada Senin (29/9/2022) pagi hari. Ada 5 fraksi setuju, 1 fraksi menerima dengan catatan, 1 fraksi menolak, dan 2 fraksi tidak hadir.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Jimly Asshiddiqie: Hakim Aswanto Tak Bisa Diberhentikan jika Tidak Ada Surat dari MK

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut