get app
inews
Aa Read Next : 5 Jenis Makanan untuk Meningkatkan Daya Ingat

Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Minggu, 21 November 2021 | 11:07 WIB
header img
Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Anak. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id -  Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang bernutrisi tinggi.

Yang perlu diperhatian orang tua akan kebutuhan nutrisi si kecil dengan cara menyediakan makanan sehat. Lantas, apa saja nutrisi penting yang bisa diberikan kepada anak untuk mendukung tumbuh kembangnya? Berikut ulasannya.

Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi yang kuat, menjaga fungsi otot dan saraf yang sehat, membantu proses pembekuan darah, serta membantu tubuh mengubah makanan menjadi energi. Adapun beberapa jenis makanan yang tinggi kalsium adalah susu, ikan dan keju. 

Asam Lemak Esensial

Kandungan yang satu ini penting untuk membantu pembentukan sel, mengatur sistem saraf, memperlancar aliran darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu tubuh dalam menyerap nutrisi

Selain itu, asam lemak esensial juga diperlukan untuk mempertahankan fungsi otak yang mengatur indra penglihatan anak. Asam lemak esensial bisa didapatkan lewat telur, ikan tuna dan kacang-kacangan. 

Zat Besi

Kandungan ini penting untuk anak karena berperan dalam produksi hemoglobin (pigmen merah pembawa oksigen dalam darah) dan mioglobin (pigmen yang menyimpan oksigen dalam otot). Kekurangan zat besi pada anak dapat menyebabkan anemia. Berikan zat besi pada anak lewat daging, kuning telur, dan ikan. 

Magnesium

Magnesium adalah mineral penting bagi kesehatan dan pertumbuhan anak. Beberapa manfaat magnesium bagi kesehatan yaitu menjaga tulang agar tetap kuat, membuat irama jantung stabil, mendukung sistem kekebalan tubuh, serta membantu menjaga otot dan fungsi saraf. Adapun makanan yang tinggi magnesium adalah buah-buahan (alpukat dan pisang), tahu, ikan dan sayuran.

 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut