get app
inews
Aa Read Next : Ratusan Personel TNI-Polri Kawal Satgas BLBI Sita Aset Tommy Soeharto

Ini Sumber Kekayaan Tommy Soeharto, Mulai Bisnis Transportasi hingga Properti

Kamis, 18 November 2021 | 15:20 WIB
header img
Tommy Soeharto. (Foto: Istimewa)

SIAPA yang tak kenal Tommy Soeharto, namanya masih bersinar hibgga sekarang. Tak hanya karena putra presiden Soeharto, tommy juga disebut sebut sebagai pangeran cendana.

Adapun sumber kekayaan Tommy Soeharto diperolehnya melalui aset dan bisnis yang dimilikinya. Pria bernama lengkap Hutomo Mandala Putra ini merupakan anak kelima atau putra bungsu mantan Presiden Soeharto.

Tommy dilahirkan pada tanggal 15 Juli 1962. Selain itu, Tommy Soeharto dikenal sebagai Pangeran Cendana karena memiliki banyak bisnis lewat Grup Humpuss. Dia muncul menjadi pengusaha yang mengibarkan sayap saat usianya baru mencapai 30-an tahun.

Tercatat, bidang usaha Humpuss bergerak di sejumlah sektor seperti sektor transportasi, perdagangan, konstruksi, otomotif, dan properti. Berikut daftar bisnis yang menjadi sumber kekayaan Tommy Soeharto, dirangkum oleh MPI.

 

1. Humpuss

PT Humpuss merupakan perusahaan yang didirikan oleh Tommy Soeharto pada tahun 1984. Berkantor pusat di Gedung Granadi Jakarta, sebuah aset properti milik Yayasan Supersemar yang sempat di sengketa pengadilan akibat kasus penyelewengan dana yayasan. Melalui laman resmi perusahaan, usaha ini bergerak di sektor pelayaran, pesawat charter, pertambangan, distribusi migas dan bahan kimia, pertanian, petrochemical, properti, hingga manajemen aset. 

Sementara, Tommy Soeharto menjabat sebagai Komisaris Utama. Dimana, Humpuss adalah holding dari PT Humpuss Intermoda Transportasi, PT Humpuss Pengolahan Minyak, PT Humpuss Patragas, PT Humpuss Trading. Di PT Humpuss. Pada tahun 1986, perusahaan membangun Ekaputra yang menjadi kapal pertama dengan bobot 78.988 DWT. Hal tersebut, membuat rekor kapal LNG terbesar di dunia pada saat itu. Humpuss pun banyak menerima kontrak pengiriman dari BUMN migas Pertamina.

 

2. Hotel Lorin

Asetnya di Karawang Disita, Ini yang Akan Dilakukan Tommy Soeharto

Tommy juga merambah ke bisnis perhotelan melalui PT Lor Internasional Hotel mulai dari kelas budget hingga bintang 5. Terdapat 4 hotel miliknya yang berada di wilayah Solo. Hotel Lorin tersebar di berbagai kota besar di Indonesia yaitu Lorin Sentul, Lorin Solo, Lorin Belitung, Lorin Kuta, Syariah Hotel Solo, Hotel Amantis Demak, Hotel Noormans Semarang, dan Loji Hotel Solo.

 

3. Sirkuit Sentul

Sirkuit Sentul adalah arena balapan yang berlokasi di Babakan Madang, Sentul, Bogor.

Pengelolaan Sirkuit Sentul berada di bawah PT Sarana Sirkuitindo Utama yang sebagian besar sahamnya dimiliki Tommy Soeharto. Dengan panjang lintasan kurang lebih 4 kilometer yang biasa digunakan untuk ajang balapan skala internasional. Sirkuit ini dibangun, saat Tommy menjabat sebagai Ketua Umum PB Ikatan Motor Indonesia pada tahun 1986 untuk merealisasikan visinya membangun olahraga balap. Pada tahun 1996 dan 1997, Sirkuit Sentul pernah digunakan untuk MotoGP yang membawa Michael Doohan sebagai jawarannya di kelas 500cc.

 

4. Goro

Tommy Soeharto juga mempunyai bisnis ritel yaitu super grosir Goro yang dikelola PT Berkarya Makmur Sejahtera. Dia sebagai komisaris utama. Sejak Oktober 2018, Goro telah berdiri di beberapa kota yakni Wonosobo, Surabaya, Bandung, Cibubur, dan Papua. Perusahaan akan terus menyebarkan gerainya dengan target menjadikan Goro bisa dijangkau setiap kabupaten dan kota melalui jaringan distribusinya.

Untuk jaringan distribusi, nantinya Goro bermitra dengan warung-warung baik yang berjualan secara daring maupun luring. Warung-warung itu juga akan dibekali pembinaan dari manajemen Goro.

 

5. Properti Mewah

Perlu diketahui Tommy Soeharto juga mengembangkan bisnis properti kelas atas. Salah satunya lewat pengembangan proyek golf resort bertajuk Black Rock Golf and Resort di Kawasan Pariwisata Tanjung Tinggi, Kabupaten Belitung. Dibangun di lahan seluas 100 hektare. Sekitar 70 ha dari lahan dibangun menjadi lapangan golf dan driving range, 5 ha untuk Golf Club House dan Hotel bintang empat, serta 25 hektare dijadikan tujuh klaster residensial villa mewah dengan jumlah 300 unit. Rencananya dia juga akan mendirikan township di lahan seluas 715 hektare lewat PT Putra Ciptawahana Sejati (Ranati).

Ditargetkan tahun 2023, seluruh proyek ini sudah rampung. Selain itu Tommy juga terlibat dalam pengembangan properti multifungsi Mangkuluhur City di Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Editor : Fabyan Ilat

Follow Berita iNews Manado di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut