get app
inews
Aa Read Next : Pelaku Perjalanan Belum Booster Wajib PCR 3x24 Jam

Selain Konsumsi Vitamin, Olahraga Rutin Disarankan Dokter untuk Perkuat Imun

Senin, 15 November 2021 | 12:10 WIB
header img
Ilustrasi jaga imun. (Foto: Istimewa)

PELONGGARAN pembatasan yang dilakukan pemerintah saat ini tentu harus disikapi serius oleh masyarakat. Artinya, tidak kemudian abai menjalankan protokol kesehatan, terlebih saat di tempat yang banyak orang.

Bukan hanya memastikan tetap patuh protokol kesehatan, tubuh Anda pun semestinya juga harus diperkuat sistem imunitasnya.

Ini juga penting untuk memastikan Anda tidak gampang terpapar penyakit, khususnya COVID-19.  

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kekuatan sistem imunitas tubuh adalah dengan asupan vitamin. Dokter Gregory Budiman, M.Biomed menjelaskan, di masa pandemi seperti saat ini, penting untuk memastikan asupan vitamin A,D,E,K dan B serta C terpenuhi dengan baik.

"Tubuh harus memiliki sistem imun yang kuat dan itu bisa didapat dengan memastikan tercukupinya asupan vitamin A,D,E,K yang larut dalam lemak, serta B dan C yang larut dalam air untuk kebutuhan peningkatan sistem kekebalan tubuh," papar dr Gregory, Senin (15/11/2021).

Dokter Gregory melanjutkan, minyak goreng sendiri merupakan salah satu sumber gizi yang dibutuhkan tubuh. Minyak atau lemak diperlukan untuk melarutkan vitamin A,D,E,K untuk kemudian menjadi sumber kekuatan imunitas tubuh.

"Minyak goreng itu merupakan minyak nabati yang memiliki komposisi lemak tak jenuh lebih banyak dibandingkan lemak hewani, sehingga relatif lebih aman dan tidak meningkatkan pembentukan kolesterol jahat. Minyak atau lemak dibutuhkan sebagai sumber energi cadangan dan juga berfungsi sebagai pelarut vitamin A,D,E,K," paparnya.

 

Dokter Gregory pun memberikan sedikit tips untuk hidup sehat di masa pandemi:

 

1. Selalu siapkan makanan bergizi

2. Perkuat tubuh dengan makanan yang mengandung vitamin A,D,E,K, ini bisa didapat dari hati ayam, daging, ikan, dan alpukat.

3. Jangan lupa juga dengan tetap mengonsumsi makanan kaya vitamin B dan C seperti dari kacang-kacangan, buah segar seperti kiwi, jeruk, anggur, atau strawberry.

4. Hindari makanan junk food yang memperberat kerja organ tubuh

5. Olahraga rutin

6. Istirahat yang cukup

7. Hindari stress yang berlebih

Ditambahkan Brand Manager Food Division PT Bina Karya Prima, Roland Octasilva Layandi, penting juga untuk masyarakat di masa pandemi seperti sekarang ini untuk memastikan penggunaan minyak goreng yang tepat. 

"Jika Anda mengonsumsi makanan yang digoreng, maka jangan lupa untuk tiriskan terlebih dulu makanan tersebut agar minyak goreng yang terkandung di dalamnya tidak dikonsumsi secara berlebihan," sarannya.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut