get app
inews
Aa Read Next : Catat! 14 Juli 2022 Hari Ini, Film Ivanna Tayang di Bioskop Indonesia

Jangan Ditonton Sendirian! Berikut 5 Film Horor Dunia Berdasarkan Kisah Nyata

Kamis, 11 November 2021 | 21:25 WIB
header img
Film horor dunia berdasarkan kisah nyata. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Beberapa film berikut bisa dijadikan tontonan wajib bagi para penggemar genre horor di Tanah Air.  

Apalagi film horor dunia berdasarkan kisah nyata. Film-film horor yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini memang memiliki daya tarik dan sensasi seram tersendiri. 

Kisah sungguhan hingga terinspirasi dari peristiwa asli membuat film-film horor tersebut lebih seram dan bikin merinding! Berikut daftar 5 film horor dunia berdasarkan kisah nyata, seperti dirangkum iNews.id pada Kamis (11/11/2021). 

1. Psycho (1960)

Film horor dunia berdasarkan kisah nyata di urutan pertama ada Psycho. Film tahun 1960 ini merupakan garapan sutradara Alfred Hitchcock. 

Sesuai judulnya, film ini menceriterakan tentang pembunuh psikopat yang diangkat dari novel berjudul sama karya Robert Bloch. Novel itu diketahui terinspirasi dari kisah nyata tentang pembunuhan beruntun oleh seorang pria bernama Ed Gein di Wisconsin.

Selain sebagai pembunuh, Ed Gein adalah seorang perampok kuburan amatir yang cenderung membuat dekorasi rumah unik, termasuk sebuah kap lampu yang terbuat dari kulit wajah manusia. Ih, merinding! 

2.The Exorcist (1973)

Film horor dunia berdasarkan kisah nyata selanjutnya adalah The Exorcist yang merupakan salah satu film horor legendaris. 

Diketahui, film horor ini diangkat dari kisah nyata di tahun 1949 tentang mahasiswa di Universitas Georgetown yang bermain papan Ouija dan mengalami kejadian mistis, sehingga para akhirnya, dua pendeta melakukan ritual pengusiran setan sekitar 20 hingga 30 kali untuk menyelamatkan bocah tersebut dari serangan mahkluk supranatural. 

3. The Texas Chain Saw Massacre (1974)

Selanjutnya dalam daftar film horor dunia berdasarkan kisah nyata ada The Texas Chain Saw Massacre. 

Sama halnya dengan film Psycho, The Texas Chain Saw Massacre juga terinspirasi dari kisah Ed Gein. Meski begitu, hampir seluruh plotnya bersifat fiktif. 

4. Poltergeist (1982)

Film horor berdasarkan kisah nyata berikutnya yaitu Poltergeist. Dalam film yang disutradarai oleh Tobe Hooper, film ini menceritakan tentang keluarga Freeling. Mereka menemukan rumah di pinggiran kota yang dibangun di atas tanah pemakaman berhantu dan saat menghuninya  diganggu oleh roh-roh jahat di sana. 

Rupanya, kisah ini diambil dari kisah nyata pada tahun 1958, di mana keluarga Hermann yang menjadi korban aktivitas paranormal. 

Mereka diduga melihat tutup botol lepas sendiri, bersama dengan botol-botol yang tampaknya digerakkan oleh tangan tak terlihat. Klaim mereka menjadi viral dan mendominasi siklus berita lokal dan nasional. Selain itu, seperti Freelings, Hermanns juga mengundang paranormal ke rumah mereka untuk menangani ‘hantu-hantu’ itu. 

5. A Nightmare on Elm Street (1984)

Terakhir untuk film horor berdasarkan kisah nyata yaitu A Nightmare on Elm Street. Ini merupakan salah satu film horor klasik yang diangkat dari kisah nyata. 

Diketahui sutradara Nightmare on Elm Street, Wes Craven terinspirasi  setelah dia membaca sebuah artikel di Los Angeles Times tentang kisah para pengungsi di Kamboja. 

Mereka menolak tidur karena mimpi buruk. Kemudian banyak dari mereka akhirnya meninggal dunia dalam tidur mereka karena penyebab yang tak diketahui.

 

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut