get app
inews
Aa Read Next : Satgas Covid-19: Indonesia Mulai Transisi dari Pandemi Menuju Endemi

Vaksinasi Lansia Baru 43%

Kamis, 11 November 2021 | 17:26 WIB
header img
Vaksinasi Lansia di Bolmong. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi mengatakan vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat lanjut usia (Lansia) saat ini baru mencapai 43%.

“Kalau kita lihat untuk Lansia sebenarnya sudah kita mulai dari bulan Maret pelaksanaan vaksinasi kepada lansia. Tapi dari bulan Maret dengan target 21,5 juta, saat ini baru 9,2 juta atau baru 43% nya,” ungkap Nadia dalam dialog secara virtual, Kamis (11/11/2021).

Sementara, kata Nadia, jumlah vaksin COVID-19 yang telah disuntikkan kepada seluruh sasaran masyarakat saat ini sudah mencapai 209 juta dosis.

“Jadi kalau kemarin jumlah yang sudah kita suntikan sebanyak 209 juta dosis ya,” ujarnya.

“Di mana, kita tahu 61% atau 120 juta itu sudah mendapatkan suntikan pertama dan 81 juta itu mendapatkan suntikan kedua atau 40%-nya. Artinya, kalau kita lihat masih kurang lebih 40% lagi di masyarakat untuk kita kejar agar segera mendapatkan dosis pertama,” papar Nadia.

“Dari angka tersebut, kalau kita lihat kita tahu di awal daripada vaksinasi COVID-19, kita itu memulai dengan prioritas beberapa kelompok masyarakat, yang kita tahu kelompok masyarakat itu prioritasnya berdasarkan risiko penularan COVID-19 ya,” imbuhnya. Namun, kata Nadia, total vaksinasi untuk Lansia justru berbanding terbalik dengan seluruh sasaran vaksinasi.

“Jadi kalau lihat berbanding terbalik dengan semua sasaran. Kalau semua sasara itu tinggal 40%, tapi kalau lansia justru 60% nya belum tervaksinasi,” tuturnya. “Oleh karena itu, kemudian kebijakannya, selain vaksinasi kepada seluruh kelompok umur di atas 12 tahun, vaksinasi pada lansia ini juga menjadi salah satu indikator pada penurunan level kabupaten kota dalam penerapan PPKM,” paparnya.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut