get app
inews
Aa Read Next : Cara Redakan Gejala Flu dengan Cepat, Konsumsi Sayuran Super Ini!

Ubah Gaya Hidup Tak Sehat, Ini 4 Cara Turunkan Darah Tinggi di Usia Muda

Kamis, 11 November 2021 | 10:51 WIB
header img
Cara turunkan darah tinggi di usia muda perlu dilakukan guna mengurangi risiko terkena darah tinggi di masa mendatang. (Foto: ilustrasi/istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Meskipun dampaknya belum bisa dirasakan sekarang, tapi cara turunkan darah tinggi di usia muda perlu dilakukan guna mengurangi risiko terkena darah tinggi di masa mendatang. 

Anggapan bahwa darah tinggi lebih identik dengan usia tua sudah tidak berlaku lagi, karena perubahan gaya hidup yang buruk membuat kasus darah tinggi banyak menyerang anak muda juga. 

Menurut laporan Houston Methodist, saat ini masalah darah tinggi banyak juga dialami individu dewasa muda berusia 20 tahun ke atas. Mereka meningkatkan risiko maupun sudah terkena tekanan darah tinggi. 

"Tekanan darah tinggi merusak tubuh Anda dari waktu ke waktu dan ini meningkatkan risiko penyakit yang lebih serius. Itu sebabnya kamu menyebut tekanan darah tinggi sebagai pembunuh diam-diam," ungkap Kepala Pencegahan dan Kesehatan Kardiovaskular di Houston Methodist, dr Nasir seperti dikutip MNC Portal. 

Dijelaskan dalam laman kesehatan tersebut, angka normal tekanan darah itu 120/80 mmHg. Sedangkan, seseorang dikatakan mengalami risiko darah tinggi jika hasil pengukuran tensi menunjukkan angka antara 120-129/80 mmHg. 

Angka darah tinggi itu ternyata dibagi dalam skala stadium. Pada stadium 1, angkanya antara 130-139/80-90 mmHg, lalu pada stadium 2 angkanya 140/90 mmHg atau lebih tinggi.

Editor : Norman Octavianus

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut