get app
inews
Aa Read Next : Irjen Kementan 'Dialog Jaga Pangan' di Kepulauan Talaud

4 Keluarga Politisi Sulawesi Utara Bakal jadi Penentu Pemilu Serentak 2024

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 12:21 WIB
header img
Olly Dondokambey (kiri) dan Rio Dondokambey.(Istimewa)

MANADO, iNews.id – Trah keluarga politisi Sulawesi Utara bakal jadi penentu dalam Pemilu serentak bakal digelar 2024 mendatang. Bagaimana tidak, keikutsertaan keluarga politisi Sulawesi Utara, bakal jadi sesuatu kunci partai politik memenangkan pertarungan politik. Tanpa mengenyampingkan keluarga politisi Sulawesi Utara lain yang saat ini menduduki jabatan strategis baik di pemerintahan dan legislatif, iNewsManado.id coba merangkum 4 keluarga politisi Sulawesi Utara, yang dilihat dari sisi pengaruh di partai maupun yang memiliki jaringan nasional yang kuat serta memiliki pendukung yang militan.

BACA JUGA: Facebook Jadi Meta

Berikut 4 keluarga politisi Sulawesi Utara yang bakal jadi kunci kemenangan partai, kandidat anggota dewan maupun kepala daerah yang akan turun bertarung di 2024:


1. Olly Dondokambey dan Rio Dondokambey. (Istimewa)

Kolaborasi ayah dan anak ini di bawah bendera Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), menjadi salah satu keluarga politisi yang punya pengaruh kuat. Olly yang juga menjabat ketua PDIP Sulut serta bendahara Umum DPP PDIP tentu bakal menopang sang anak jika turun bertarung di 2024. Sisi lain, munculnya trah Dondokambey baru di PDIP tentu bisa memengaruhi kader PDIP untuk kerja keras menggalang kemenangan. Apalagi jika di 2024, ada calon PDIP yang maju di Pilpres. Tentu satu keuntungan bagi Olly dan Rio karena sistem sinergitas pemenangan akan berjalan.


2. Hillary Lasut dan Elly Lasut. (Istimewa)

Salah satu keluarga politisi Sulawesi Utara yang mampu menjaga eksistensi di dunia politik. Hillary menjelma jadi politisi hebat dengan tuntunan sang ayah. Keluarga ini punya potensi kuat, selain faktor sang ayah Elly Lasut yang menjabat bupati Talaud, akar rumput pendukung Hillary dan Elly tetap kompak sampai saat ini. Ini jadi kekuatan sendiri bagi Elly dan Hillary dalam menghadapi 2024, karena keduanya memiliki jaringan kuat ditingkat nasional ke sejumlah ketua partai. Belum lagi gebrakan Hillary di tingkat pusat karena duduk di DPR, dan beberapa turun tangan ke daerah untuk membantu warga yang kesulitan mendatangkan reaksi positif dari rakyat Sulawesi Utara.


3. Cherish Harriette Mokoagow dan Yasti Mokoagow. (Istimewa)

 

Duo tokoh populis dari Bolaang Mongondow sangat layak diperhitungkan pada 2024 mendatang. Cherish dan Yasti menjadi dua figur yang memegang pengaruh kuat untuk mendulang suara. Keduanya punya pengaruh besar di sejumlah wilayah di Bolaang Mongondow Raya. Cherish yang merupakan anggota DPD dan Yasti yang masih menjabat bupati Bolmong tentu adalah jaminan mutu perolehan suara maksimal di Tanah Totabuan.


4. Adrian Paruntu dan Tetty Paruntu. (Istimewa)

Ibu dan anak yang juga kader Partai Golongan Karya ini jadi keluarga politisi Sulawesi Utara yang masuk ukuran akan memiliki pengaruh di 2024. Meski tak lagi menjabat bupati, Tetty Paruntu masih memiliki pengaruh kuat dalam pengambilan keputusan di tubuh partai berlambang beringin itu. Sebagian pendukung Golkar sampai saat ini yang tergolong militan masih terjaga dan tetap kompak sehingga faktor Tetty dan Adrian jangan dianggap sebelah mata di 2024. Pun, banyaknya tokoh-tokoh Golkar yang berseberangan dengan Tetty Paruntu tidak menjadi suatu hal buruk karena bisa saja pada 2024 ada kejutan dan langkah mengembalikan kejayaan partai identik dengan warna kuning tersebut. Karena partai Golkar adalah partai yang sudah teruji.

BACA JUGA: AK Oknum Anggota DPRD Sulut yang Dipolisikan, Fraksi PDI-Perjuangan Serahkan ke Proses Hukum

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut