get app
inews
Aa Read Next : Tak Mau Terlibat Politik Praktis, PBNU Larang Capres-Cawapres Bawa Nama NU di Pilpres 2024 

Prabowo Subianto Figur Pertama Bakal Amankan Tiket Capres 2024

Senin, 20 Juni 2022 | 21:16 WIB
header img
Prabowo Subianto (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Prabowo Subianto jadi kandidat paling pertama yang bisa mengamankan tiket menuju Pilpres 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya membutuhkan satu teman koalisi parpol di Parlemen, di luar PPP, untuk mendapatkan tiket capres. 

"Dengan pengalaman politik dan kemampuan Prabowo Subianto di kancah politik nasional, sepertinya Prabowo yang menjabat sebagai Menteri Pertahanan ini tidak akan terlalu kesulitan untuk mencari satu teman koalisi," kata Kepala Peneliti Litbang Sin Po, Syahrial Mayus dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/6/2022). 

Selain berpengalaman, elektabilitas Prabowo juga tidak pernah mengecewakan. Berdasarkan hasil survei Litbang Sin Po yang dilakukan dalam rentang waktu 20 Mei-3 Juni 2022, mantan menantu Presiden Soeharto itu memiliki elektabilitas 28,1%. Disusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 19,4%, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 14,7%. 

 Selanjutnya, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 5,9%, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,5%, Menparekraf Sandiaga S Uno 2,8%, Ketua DPR Puan Maharani 2,5%, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar 1,4%, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti 1,3%, Menteri BUMN Erick Tohir 0,8%. 

"Yang menjawab tidak tahu dan tidak jawab/rahasia dan belum memutuskan sebesar 18,7%," kata Syahrial. Survei ini dilakukan dengan metode pengambilan sampling, multistage random sampling dengan margin of error plus minus 2,83% dan tingkat kepercayaan 95,0%. 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut