get app
inews
Aa Read Next : Anggota DPR RI Yasti Mokoagow Dilaporkan ke Polda Sulut

Ini Kisah Alkitab 10 Tulah dan Penjelasannya

Minggu, 03 April 2022 | 11:23 WIB
header img
Ilustrasi Air Menjadi Darah. (Foto: Istimewa)

DALAM Alkitab terdapat kisah adanya 10 Tulah. Terjadinya 10 Tulah bermacam-macam dan membuat Bangsa Mesir saat itu kesulitan.

Dikutip berbagai sumber, dari pemaparan beberapa ayat dalam Alkitab, ada beberapa alasan Allah memberikan tulah kepada orang-orang Mesir : Menunjukkan bahwa Dialah Tuhan (Kel. 7:4-5; ;12:12; 18:11), untuk menunjukkan bahwa Dialah satu-satunya Allah (Kel. 9:14), menunjukkan ciri khas natur-Nya, keunikan-Nya, imanensi-Nya, kekuatan dan kuasa-Nya (Kel. 8:6, 16; 9:14, 29), menunjukkan hubungan yang khusus antara Tuhan dan orang Israel (Kel. 10:1-12; 11:7), untuk menunjukkan bahwa dewa-dewa orang Mesir (Kel. 12:12; Bil. 33:4) bukanlah allah dan mereka layak untuk dihukum karena ketidakberdayaan mereka. Tulah-tulah itu memang diberikan untuk mengalahkan konsep orang Mesir tentang dewa-dewa mereka yang berkuasa.

Bangsa Mesir juga mendewakan singa, lembu, lembu betina, serigala, anjing, kucing, burung ibis, burung hering, burung falcon, kuda nil, buaya, ular kobra, ikan lumba-lumba, dan berbagai jenis ikan lainnya, pohon, termasuk juga binatang-binatang kecil, seperti katak, belalang dan berbagai serangga.   Setidaknya ada lebih dari 80 dewa orang Mesir.

Ikan-ikan yang hidup di sungai Nil dianggap sebagai sesuatu yang keramat sehingga dijaga oleh 2 dewi, yaitu Hator (dewi langit dan ratu surga yang juga melindungi ikan-ikan kecil) dan Neith (dewi perang jaman kuno yang melindungi ikan-ikan besar yang dianggap pula sebagai anak-anaknya).  Neith adalah dewi Mesir yang sangat berkuasa. Dia adalah saudara Isis dan pelindung dari Duamutef (dewa yang menjaga perut bagian dalam orang  mati). Selain itu Neith adalah ibu dari dewa sungai Nil, Sobek, yaitu dewa jahat dengan kepala berbentuk buaya. Kepada Sobek-lah Firaun mempersembahkan anak-anak laki-laki orang Ibrani yang dibuang ke sungai Nil (Kel. 1:22).

 

Berikut 10 Tulah di Mesir dalam Alkitab:

 

 

1. Air menjadi darah

Merahnya sungai Nil terjadi karena polusi yang disebabkan oleh aktifitas gunung berapi yang berakibat pada warna endapan Lumpur sungai Nil. Hal ini pulalah yang mengakibatkan air tersebut tidak dapat diminum.

Hujan deras di sekitar daerah bertanah merah di danau Viktoria menyebabkan air berwarna merah mengalir ke arah hilir

Bunga ganggang merah beracun yang ada di sekitar sungai Nil dapat menghasilkan sejumlah racun yang dapat mematikan ikan

 

2. Katak

Sejenis penyakit tumbuhan pada air yang dapat membunuh ikan, juga menyebabkan katak-katak  meninggalkan sungai (dan kemungkinan juga mati).

3 & 4. Nyamuk dan lalat

Berkurangnya jumlah katak di sungai akan menyebabkan populasi nyamuk dan lalat berkembang dengan cepat.

 

5 Penyakit sampar pada ternak

Kemunculan lalat-lalat yang dapat menggigit di daerah sungai menularkan penyakit pada ternak

 

6 & 7. Barah dan Hujan Es

Aktifitas gunung berapi  bukan hanya mengakibatkan penyebaran abu yang meluas tetapi juga belerang dan juga merubah sistem cuaca. Akibatnya hujan es bias muncul dengan tiba-tiba.

8. Belalang

Hujan Es akan merusak hasil panen dan mengakibatkan beberapa jenis serangga  dan binatang lainnya kehilangan sumber makanan.  Akibatnya belalang mencari sumber makanan di tempat lainnya.

 

9. Kegelapan

Ada beberapa kemungkinan penyebab kegelapan: gerhana matahari, badai pasir, debu gunung berapi atau karena serombongan belalang dalam jumlah yang sangat banyak Yang akhirnya dapat menutup matahari.

 

10. Kematian anak sulung

Anak-anak sulung yang mendapat prioritas makan terlebih dahulu untuk pertama kalinya setelah kegelapan berlalu, akhirnya keracunan makanan yang kemungkinan diakibatkan oleh belalang

Peristiwa gunung berapi yang seringkali disebut sebagai pemicu dari berbagai rentetan kejadian tulah-tulah itu kemungkinan adalah peristiwa meletusnya gunung Thera yang terletak sektar 650 mil baratlaut Mesir. Namun peristiwa meletusnya gunung berapi ini terjadi pada 1628 SM.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut