Kenali Kampas Ganda Motor Matik Bermasalah, Ini Penjelasannya
![header img](https://img.inews.co.id/media/600/files/networks/2022/02/07/dea25_kampas-motor.jpeg)
JAKARTA, iNews.id - Persoalan Kampas pada kendaraan terutama sepeda motor memang jadi hal penting. Banyak tidak menyadari soal kampas ganda motor bermasalah.
Apabila kampas ganda habis, pengendara akan merasakan motor bergetar dan mengeluarkan suara aneh di Continuosly Variable Transmission (CVT).
Dilansir dari berbagai sumber, kampas ganda berfungsi untuk menyalurkan, sekaligus memutuskan tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang.
Ketika gas motor matik ditarik, akan terjadi penambahan RPM atau gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling semakin besar dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling. Sebaliknya, ketika sebelum digas, kampas gandadengan mangkok kopling akan renggang dan tidak terhubung ke sistem transmisi CVT, sehingga roda tidak akan berputar.
Dengan cara kerja yang seperti itu, kampas ganda dan mangkok kopling yang terdapat di area CVT tentunya akan mengaalami kehabisan atau aus.
Biasanya kampas kopling ganda motor matik yang mulai menipis mengalami gejala getar ketika dipakai berkendara.
Karena kampas tidak bisa menempel sempurna ke mangkok kopling, juga akan muncul gejala gredek. Tidak hanya itu, di beberapa kasus juga ada mengalami perubahan suara di CVT.
Gejala yang berikutnya adalah akselerasi awal terasa lebih berat dibanding sebelumnya. Ketika motor melaju, tidak ada penambahan kecepatan dan hanya suara mesin saja yang meraung.
Hal ini tentunya berbahaya ketika hendak menyalip atau melintasi jalan menanjak.
Editor : Fabyan Ilat