get app
inews
Aa Read Next : UAS Ditolak Masuk Singapura, Kemlu: Tanyakan ke Pihak Singapura

Jasad Grace Karundeng Mahasiswi Sulut di Kanada Diautopsi, Kemlu Pastikan Bukan Korban Kejahatan

Jum'at, 14 Januari 2022 | 19:29 WIB
header img
Foto Grace Karundeng di Rumah Duka. (Foto: Jefry Langi/iNews)

JAKARTA, iNews.id –  Jasad Grace Karundeng (18) mahasiswi Sulut yang tewas di Kanada diautopsi. Pun, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) memastikan kematian Grace Karundeng mahasiswi di Kanada bukan karena menjadi korban kriminal.

Saat ini jenazah sudah dilakukan autopsi untuk memastikan penyebabnya meninggal. “Kami sudah mendapatkan informasi secara informal penyebab kematian almarhumah bukan karena tindakan kriminal. Itu yang dapat kami sampaikan,” ujar Direktur Pelindungan WNI Kemlu Judha Nugraha, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya apabila hasil autopsi sudah keluar akan langsung diserahkan kepada pihak keluarga. Hal ini terkait dengan regulasi di Kanada dan Kemlu yang menghormati privasi keluarga mengenai hasil autopsi tersebut.

“Kami masih menunggu hasilnya (autopsi) saat ini. Sesuai dengan hukum private law di Kanada, hasil autopsi akan langsung diberikan kepada keluarga. Detail autopsi tentu menjadi ranah privat keluarga yang harus kami hormati bersama,” katanya.

Dia menjelaskan, laporan meninggalnya mahasiswi tersebut diketahui KBRI Ottawa dan KJRI Toronto dari informasi masyarakat pada 8 Januari lalu. Kemudian KJRI segera berkoordinasi dengan otoritas setempat untuk menghubungi pihak keluarga.

“Informasi ini diterima KBRI dan KJRI Toronto pada 8 Januari, kejadiannya tanggal 7 Januari. Setelah KJRI menerima informasi tersebut langkah-langkah yang dilakukan yakni berkoordinasi dengan otoritas setempat kemudian melakukan kontak dengan keluarga. Keluarganya ada di Toronto dan ada di Indonesia,” katanya. Sebelumnya, seorang warga negara Indonesia (WNI), Grace Karundeng ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di Kanada. Kabar ini viral di media sosial khususnya bagi warga Sulawesi Utara. Keluarga grace diketahui tinggal di Airmadidi, Minahasa Utara.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut