get app
inews
Aa Read Next : 3 Tempat Makan Tinutuan di Manado, No 2 Gunakan Kaki Sapi

3 Makanan Khas Manado Pedas Nikmat, No 2 Disukai Artis Nasional

Senin, 07 November 2022 | 19:59 WIB
header img
Makanan khas Manado yang nikmat salah satunya Pisang Goreng Sambal. Foto/Istimewa

MANADO, iNewsManado.com - Makanan khas Manado akan dibahas dalam artikel ini. Di Manado, memang dikenal dengan keberadaan makanan yang pedas. 

Bukan itu saja, Manado merupakan kota kesekian di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya mengonsumsi daging babi seperti di Medan dan Bali. 

Saat ini ada kecenderungan orang salah menempatkan maksud makanan khas Manado dan masakan khas Manado maupun cemilan atau kudapan khas Manado. 

Di Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya, ada tiga jenis makanan khas yang sering dijumpai para wisatawan lokal maupun asing. Meski demikian, salah satu makanan khas Manado sudah jadi ikon Sulawesi Utara dikalangan wisatawan lokal maupun asing. 

Berikut tiga makanan khas Manado yang jarang dibahas yang dirangkum iNewsManado, Senin (7/11/2022) :

 

1. Bubur Manado


Foto/Istimewa 

 

Makanan khas Manado yang pertama tentu saja Bubur Manado. Di Manado bubur manado biasa disebut Tinutuan atau Midal ketika dimakan menggunakan Mi. 

Bubur Manado seperti pembahasan dalam berbagai artikel, merupakan makanan yang terjadi perpaduan antara bubur dan sejumlah sayuran. 

Di Manado dan Sulawesi Utara pada umumnya, bubur Manado oleh sejumlah orang biasanya disantap dengan menggunakan ikan cakalang goreng maupun telur dan tahu goreng. 

Kenikmatan bubur Manado di samping banyaknya sayur yang diolah, juga terletak pada lengkapnya rempah-rempah sebagai bahan dasar pembuatan bubur Manado. Selain itu, nikmatnya bubur Manado ditentukan juga oleh sambal pelengkap. Biasanya sambal yang dicampur pada bubur Manado paling enak menggunakan ikan roa atau ikan cakalang. 

Bubur Manado tersedia atau dijual disejumlah tempat di Manado. 

2. Pisang Goreng Sambal


Foto/Istimewa

 

Makanan khas Manado berikutnya yang jarang dibahas adalah pisang goreng Sambal. Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, pisang goreng di Manado dimakan menggunakan Sambal pedas. 

Makanan pedas ini bahkan dikonsumsi menggunakan kopi dan teh hangat di Manado. 

Jarang memang wisatawan menyadari bahwa pisang goreng Sambal merupakan makanan khas Manado. Sebab, kekurangtahuan dan kurangnya informasi didapat. 

Kenikmatan pisang goreng Sambal terletak pada bahan utama pisang, campuran tepung dan sambalnya sendiri. 

Membuat pisang goreng sambal baiknya tidak menggunakan pisang terlalu matang. Sebab, pisang yang terlalu matang atau matang dapat menyerap minyak sebagai bahan menggoreng. 

Selanjutnya kenikmatan sambal jadi penentu juga mengonsumsi pisang goreng sambal. Di Manado, sama seperti penggunaan bubur Manado, sambal biasanya dicampur menggunakan ikan roa atau ikan cakalang. 

 

3. Nasi Ragey


Foto/Istimewa

 

Makanan khas Manado yang terakhir adalah Nasi Ragey. Tentu ini jarang diketahui dan jarang dibahas disejumlah artikel. Namun, nasi Ragey merupakan makanan khas Manado. 

Nasi ragey merupakan kategori makanan non halal karena menggunakan daging babi sebagai bahan utama. Nasi Ragey sendiri merupakan salah satu makanan yang paling banyak diburu warga Manado setiap hari. 

Secara spesifik, nasi Ragey bahasan utamanya pada kata Ragey. Ragey merupakan jenis sate yang berukuran besar. 

Di Manado, Ragey sebelum diolah direndam dalam bumbu yang disiapkan. Bahkan perendaman memakan waktu 4-5 jam dan bahkan 24 jam untuk menambah kenikmatan Ragey sendiri. 

Selain kenikmata Ragey yang jadi utamanya. Nasi Ragey biasanya tidak lengkap tanpa disajikan menggunakan sambal. 

Sambal biasanya disajikan dalam dua jenis. Pertama sambal yang semua bahannya dihancurkan. Dan kedua sambal yang semua bahannya hanya diiris. 

Itulah makanan khas Manado yang pedas nikmat. Jika berkunjung ke Manado, tidak apa jika mencobanya. 

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut