get app
inews
Aa Read Next : Tentang Panglima Jilah Suku Dayak, Sosok yang Disegani di Tanah Kalimantan

Ini 11 Sektor Prioritas Pembangunan di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan

Sabtu, 01 Oktober 2022 | 22:20 WIB
header img
Badan Otorita IKN Nusantara jabarkan 11 sektor prioritas pembangunan. Infografis/iNews.id

JAKARTA, iNewsManado.com - Sebanyak 11 sektor prioritas pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan, dijabarkan Badan Otorita IKN. Sektor prioritas pun sangat mendasar melihat urgensi awal pembangunan. 

Adapun ke-11 sektor prioritas tersebut, yaitu perkantoran, perumahan, sarana kesehatan, sarana pendidikan, sarana pusat belanja kebutuhan sehari-hari, lifestyle/leisure spaces, pengelolaan air minum, green energy, e-mobility, dan Information and Communication Technologies (ICT).

Adapun komposisi pembiayaan proyek tersebut 20 persen dari APBN, dan 80 persen sisanya mengandalkan pendanaan alternatif lain termasuk Invetasi langsung untuk pembangunan pengembangan kotanya.

Pembangunan IKN saat ini tengah dikebut pemerintah dalam upaya percepatan pemindahan ibukota dari Jakarta. Sejumlah aspek telah dikaji salah satunya migrasi para PNS. Itupun telah terjadi pro dan kontra di tengah masyarakat. 

Sisi lain, pembangunan IKN merupakan fokus utama Presiden Jokowi dengan alokasi anggaran yang besar. Target presiden, IKN bisa selesai dalam kurun 2-3 tahun ke depan. 

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul: Infografis Sektor Prioritas Pembangunan di Kawasan Inti IKN Nusantara

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut