get app
inews
Aa Read Next : Banjir dan Tanah Longsor di Manado, 3 Orang Meninggal, 2 Dalam Pencarian

Bekas Penyiar TVRI dan Politikus Partai Demokrat Max Sopacua Meninggal Dunia

Rabu, 17 November 2021 | 11:44 WIB
header img
Pendiri Partai Demokrat yang juga mantan penyiar TVRI Max Supacua meninggal dunia.(Foto:Dok MPI)

JAKARTA, iNews.id - Max Sopacua meninggal dunia pagi ini. Para sahabat dari Partai Demokrat pun ramai-ramai memanjatkan doa untuk almarhum.

Max meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker paru-paru dan tiga minggu dirawat di rumah sakit. "Pagi ini mendapat kabar duka. Pak Max Sopacua berpulang dalam usia 75 tahun. Rest in peace, Pak Max," tulis Wakil Ketua Dewan Pertimbangan Partai Demokrat Rachland Nashidi lewat aku Twitter-nya, @rachlandnashidik, Rabu (17/11/2021). Bagi Rachland, Max meripakan sosok senior yang menyenangkan. Max Sopacua memang merupakan salah satu tokoh yang membesarkan Partai Demokrat. "Saya selalu menganggapmu senior dan sahabat yang menyenangkan, bahkan ketika kita mengambil jalan berbeda," turur Rachland. Sebelumnya kabar duka ini juga disampaikan oleh politikus Demokrat Imelda Sari. Dalam akun sosial medianya, Max mengembuskan napas terakhir pukul 05.53 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Max Sopacua lahir di Ambon, Maluku pada 2 Maret 1946 atau meninggal di usia 75 tahun. Max menikah dengan Tutie Irawati dan dikaruniai tiga orang anak.

Selama hidupnya, Max Sopacua sudah menjabat berbagai jabatan penting. Banyak yang tak tahu, sebelum terjun ke dunia politik, Max adalah penyiar berita olahraga di TVRI terkenal medio 1980-an hingga 1990-an. Dia juga pernah menjadi produser di TVRI pada tahun 1985 hingga 2002.

Karier politik Max kemudian mentereng setelah bergabung dengan Partai Demokrat pada 2002. Saat itu dia langsung menjadi Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (Wasekjen DPP) Partai Demokrat hingga 2005. Max pernah menjadi anggota DPR RI selama dua periode dari 2004 hingga 2014. Sayang, pada pemilu legislatif 2014 dan 2019 Max gagal melenggang kembali ke DPR RI.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut