get app
inews
Aa Read Next : Ini 7 Jenis Buah Bikin Tubuh Pulih dari Demam

Darimana Asal Air Kelapa? Ini Penjelasannya

Rabu, 10 November 2021 | 14:00 WIB
header img
Air Kelapa jadi salah satu minuman favorit dimusim panas. (Istimewa)

KITA Semua tentu menyukai kenikmatan air kelapa yang dijajakan. Dicampur menggunakan gula aren dan ditambah es, tentu nikmat dinikmati di siang hari. Namun, tahukah anda alasan kenapa ada air di dalam buah kelapa? Secara logika berpikir, dari mana air kelapa berasal. Sebab, tidak mungkin buah kelapa yang tertutup rapat bisa dimasukin air. Berikut penjelasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Air kelapa berasal dari endosperm. Artinya, pohon kelapa ini ternyata bisa memproduksi sendiri air kelapa. Endosperm berasal dari kombinasi intisperma serta intipolar di dalam pohon kelapa. Setelah proses kombinasi itu, bagian pinggir endosperm berkembang menjadi bagian daging buah kelapa. Sementara itu, bagian tengahnya memproduksi air.

Air kelapa memiliki rasa yang khas karena memiliki kandungan mineral yang tinggi. Kamu bisa menemukan kalium setidaknya 17 persen dari total kandungan air buah kelapa. Selain itu, kamu juga bisa menemukan gula sebanyak 1,7 persen serta protein sekitar 0,5 persen. Kamu juga bisa mendapatkan mineral lain seperti fosfor, magnesium, natrium, sulfur, serta kalsium.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa air kelapa tinggi kandungan vitamin, asam folat, asam pantotenal, asam nitrat, dan lain-lain. Karena alasan inilah air kelapa dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat untuk dikonsumsi.

Kebanyakan penjual air kelapa memilih untuk menjual kelapa muda, bukannya kelapa tua. Air kelapa muda memiliki kelebihan yaitu lebih manis dan banyak. Saat kelapa semakin tua, airnya menyusut seiring penebalan daging.

 

Editor : Fabyan Ilat

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut