MANADO, iNews.id — Bantuan sosial lewat donasi konsumen Alfamidi terus disalurkan untuk meringankan beban warga kurang mampu yang terdampak Pandemi covid-19 di Tanah Air.
Donasi konsumen adalah sumbangan sukarela konsumen setia Alfamidi saat melakukan transaksi di kasir. Dana tersebut dikelola yayasan yang memiliki kredibilitas serta telah diakui pemerintah.
Adapun yayasan yang mengelola donasi konsumen antara lain, BMCI, LazisMu, LazisNu, Mizan Amanah, IDF MUI, dan Baitulmaal Muamalat. "Yayasan yang mengelola donasi konsumen ini sudah memenuhi kriteria perizinan dan sudah terdaftar di Kementerian Sosial RI," ujar Corporate Communications Alfamidi, Arif L. Nursandi.
"Penyaluran donasi ini juga tidak sembarangan karena diawasi dan di audit oleh berbagai pihak. Meliputi pihak yayasan, pihak Alfamidi serta juga diaudit oleh pemerintah. Jadi dana yang terkumpul betul-betul dialokasikan secara bertangungjawab," sambung Andi, sapaan akrabnya.
Dalam pemanfaatannya, dana sukarela konsumen telah disalurkan dengan tepat sasaran kepada warga yang membutuhkan. Seperti pemberian paket sembako, pemberdayaan ekonomi, bantuan bencana alam dan sebagainya.
Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan, diantaranya, penyaluran donasi yang digelar serentak di 15 provinsi, yakni Sumatra Utara, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku.
Andi mengatakan, dalam penyaluran bantuan tersebut dilakukan berkolaborasi dengan berbagai kalangan. "Di masa pandemi kami bergotong-royong dengan semu pihak dalam penyaluran donasi konsumen. Mulai dari pemerintah, TNI-Polri, LSM, organisasi kepemudaan, hingga organisasi media," tuturnya.
Sebagai informasi, donasi konsumen Alfamidi periode September 2021 terkumpul Rp736,570,476. Jumlah ini berasal dari sumbangan sukarela pelanggan dari uang kembalian mulai dari Rp1 hingga Rp499.
Editor : Kim Tawaang